IBX59D0620184306 Cara Mudah Menutup Kartu Kredit – KartuMega.com
Menutup Kartu Kredit dengan Mudah

Cara Mudah Menutup Kartu Kredit

KartuMega.com – Memiliki kartu kredit memang sangat menguntungkan jika kamu mengerti tips dan cara memanfaatkannya. Namun, banyak pula orang yang kelimpungan memiliki kartu kredit karena bingung untuk melunasinya. Pada intinya, ketika kamu memiliki kartu kredit, langkah yang harus kamu perhatikan adalah menimbang betapa besar kemampuanmu.

Jadi ketika kamu ingin berbelanja ini-itu, kamu harus pikir ulang, bulan depan kamu bisa bayar atau tidak. Walaupun pembayaran kartu kredit bisa dibuat cicilan, dan juga bisa dibayar minimum. Alangkah baiknya, usahakan membayar tagihan kartu kredit dengan full payment.

Nah, kali ini KartuMega.com akan memberikan tips bagi kamu yang ingin menutup kartu kredit. Apa saja tips-nya? Baiklah, kami akan membahas satu per satu bagaimana cara menutup kartu kredit dengan cara mudah. Hal ini semudah ketika kamu membuka atau mengaktifan kartu kredit-mu.

1. Bayar Semua Tagihan

Langkah paling utama ketika kamu ingin menutup kartu kredit adalah lunasi tagihan kartu kredit. Hal ini adalah kewajiban sebagai pemilik kartu kredit. Jika tidak kamu lunasi, kartu kreditmu tidak akan ditutup oleh bank penerbit. Lunasi semua tagihan yang ada pada lembar tagihan. Jika kartu kreditmu membebankan biaya tahunan (annual fee), maka seharusnya kamu juga wajib membayar biaya tersebut. Jangan kaget jika ketika kamu ingin menutup kartu kredit ternyata dibebankan biaya tahunan. [Baca mengenai apa saja biaya-biaya kartu kredit di sini]

2. Lapor ke Bank

Salah satu langkah wajib yang kamu lakukan adalah lapor kepada pihak bank penerbit. Jika kamu tidak melaporkan ingin menutup kartu kredit, maka kartu kreditmu akan terus aktif. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat ingin menutup kartu kredit. Pertama adalah dengan cara telepon ke customer service bank penerbit kartu kredit. Namun, langkah ini kadang berbelit-belit dan bisa memakan waktu lama. Tapi, jika kartu kreditmu tidak ada masalah, penutupan tersebut akan berlangsung lancar. Beda hal jika kartu kreditmu bermasalah atau ada kendala, maka penutupan tersebut tidak akan berhasil seketika.

Kemudian langkah yang kedua adalah dengan cara datang langsung ke bank penerbit. Langkah ini adalah langkah yang paling efektif. Dengan kamu datang ke bank langsung, maka akan jelas dokumen apa yang dipersiapkan, kurang apa, dan lain sebagainya.

3. Amankan Bukti Tertulis

Nah, ketika kamu selesai lapor penutupan kartu kredit dari bank. Mintalah bukti-bukti atas penutupan kartu kreditmu. Hal ini mutlak kamu dapatkan, jika misalkan di kemudian atau bulan depan kamu mendapatkan tagihan kartu kredit yang sudah ditutup. Bukti tertulis sangat penting. Jadi, simpan dengan baik dan jangan sampai hilang.

4. Ikuti Ketentuan yang Berlaku

Menutup kartu kredit itu mudah seperti kamu mengaktifkan kartu kredit. Ikuti semua langkah yang berlaku dari bank penerbit, rasanya jika tidak ada masalah pada kartu kreditmu maka menutup kartu kredit itu sangat mudah. Nah, ketika kamu ingin menutup kartu kredit, lebih baik pikir-pikir dulu, apakah sudah yakin atau belum. Karena, membuat kartu kredit bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *