perbedaan visa dan mastercard

Ini Loh, Perbedaan Kartu Kredit Visa dengan Mastercard

KartuMega.com – Bagi pemegang kartu kredit, pastinya sudah tahu dong apa itu perbedaan kartu kredit Visa dan Mastercard. Logo visa maupun mastercard  ada di sebelah kanan bawah pada kartu kredit kamu.

Meski pengguna kartu kredit di Indonesia jumlahnya jutaan, namun banyak loh yang belum mengetahui perbedaan antara jenis kartu kredit visa dan mastercard. Berikut ini KartuMega berikan perbedaan kartu kredit Visa dan Mastercard.

Perusahaan Provider

Walaupun Visa dan Mastercard sama-sama berasal dari negara Amerika, namun untuk Visa sendiri berdiri lebih dulu pada tahun 1955 di Foster City, California. Visa merupakan produk dari perusahaan Visa International Service Asosiation (VISA Inc.)

Sedangkan untuk Mastercard, diterbitkan oleh perusahaan Mastercard Worldwide. Perusahaan ini berdiri sejak 1966, berbeda 11 tahun daripada visa. Mastercard Worldwide bermarkas di kota Purchase, New York, Amerika.

Popularitas dan Jangkauan

Visa maupun Mastercard memiliki kepopuleran tersendiri di dunia. Secara umum pengguna kartu kredit visa banyak kita jumpai di wilayah Asia, sedangkan untuk mastercard kebanyakan dipakai di negara-negara di Eropa maupun di negara Amerika.

Penggunaan kartu kredit visa ini hanya bisa bertransaksi di merchant yang memiliki logo visa, begitupun sebaliknya. Pengguna kartu kredit jenis mastercard hanya bisa transaksi di merchant yang berlogo mastercard. Namun di Indonesia, mayoritas merchant sudah kerjasama dengan Visa maupun mastercard. Jadi, tidak jadi masalah apakah kamu memiliki kartu kredit visa maupun mastercard.

Jenis Kartu Kredit

Kedua provider ini memiliki jenis kartu yang sama. Akan tetapi benefit yang diberikan berbeda. Misalkan dari Bank Mega sendiri memiliki beberapa jenis kartu kredit, diantaranya Mega Visa Platinum, Visa Gold, Mega Barca. Ketiganya itu merupakan terbitan dari visa. Sedangkan untuk mastercard, Bank Mega memiliki kartu kredit Master Metro Card.

Kemanan Nasabah

Keamanan adalah hal utama dalam hal ini. Visa maupun Mastercard memiliki kemanan dan sistem masing-masing, akan tetapi semuanya memiliki keamanan atau proteksi yang bagus.

Jika kamu transaksi online menggunakan Visa, maka ia memberikan kemanan berupa One Time Password (OTP) yang dikirimkan ke handpone kamu.

Sedangkan untuk Mastercard, jika kamu sedang transaksi online akan diproteksi dengan cara memberikan source code. Secure code merupakan kode pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online. Pin tersebut dibuat oleh Anda sendiri secara online.

Biaya Transaksi

Ketika kamu transaksi di luar negeri, maka visa maupun mastercard memiliki skema tersendiri untuk hal biaya tambahan. Untuk visa, ia mengenakan charge kepada penggunanya sebesar 1% dari transaksi. Sedangkan Mastercard, memberikan biaya tambahan sebesar 0,2% hingga 1%.

Itulah perbedaan antara Visa dengan Mastercard. meski terlihat hampir sama, tetapi juga memiliki perbedaan.

Note : Biasanya pemegang kartu kredit pertama, atau yang ingin memiliki kartu kredit, maka ia akan membuat kartu kredit jenis visa.

Jika kamu ingin membuat kartu kredit dan masih bingung caranya, maka bisa menghubungi kami di sini. Atau langsung apply online di Apply Now!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *